Selasa, 02 Agustus 2016

Istilah Anestesi ( Anesthesia ) dan Ventilator dalam Kemus Kedokteran Kesehatan

Mesin Anestesi
Mesin anestesi adalah alat yang digunakan oleh penyedia anestesi untuk memberikan anestesi yang paling aman selama operasi. Mesin ini memiliki peran kontrol yang penting dalam aliran oksigen, udara, nitro oksida, dan anestetik.

Nitro Oksida
Nitro-oksida (nitrous oxide) (N2O) adalah anestesi inhalasi yang digunakan dalam pemeliharaan anestesi. Obat lemah ini tidak dapat digunakan sendiri tetapi memungkinkan pengurangan obat anestesi lainnya yang lebih beracun.

Sedatif
Sedatif adalah obat-obatan yang menciptakan ketenangan dan pengurangan rasa sakit dan / atau kecemasan; digunakan bersama dengan anestesi lokal untuk prosedur minor, seperti endoskopi atau perawatan gigi, atau sebelum anestesi umum.

Ketamin
Ketamin adalah bius disasosiatif yang diberikan secara intravena dan digunakan dalam induksi dan pemeliharaan anestesi umum.

Natrium Pentotal
Natrium pentotal atau sodium tiopental adalah anestesi umum yang bertindak singkat dam cepat yang diberikan secara intravena; paling umum digunakan dalam fase induksi anestesi.

Ether
Ether adalah nama umum untuk kelas anestesi inhalasi yang digunakan dalam induksi dan pemeliharaan anestesi.

Halotan
Halotan adalah anestesi inhalasi yang digunakan dalam induksi dan pemeliharaan anestesi yang umumnya ditoleransi dengan baik.

Isoflurane
Isoflurane suatu obat anestesi volatile yang induksinya cepat dan pemulihannya cepat, tidak iritasi dan tidak menimbulkan sekresi. Seperti halnya halotan dan enfluran, Isoflurane berefek bronkhodilator, tidak menimbulkan mual-muntah, dan bersifat kompatibel dengan epineprin. Efek penurunan tekanan darah sama besarnya dengan halotan, hanya berbeda dalam mekanisme kerjanya. Halotan menurunkan tekanan darah, terutama dengan mendepresi miokardium dan sedikit vasodilatasi. Ethrane menurunkan tekanan darah dengan mendepresi miokardium dan vasodilatasi perifer. Isoflurane menurunkan tekanan darah terutama dengan vasodilatasi perifer dan hampir tidak mendepresi miokardium.

Sevoflurane
Adalah obat anestesi inhalasi berbentuk cairan yang mudah menguap,berbau harum, dan tidak mudah terbakar. Sevoflurane adalah suatu obat anestesi umum inhalasi derivat eter dengan kelarutan dalam darah yang lebih rendah dari halotan, enfluran dan isofluran.Rendahnya kelarutan serta tidak adanya bau yang menyengat menyebabkan induksi inhalasi berjalan dengan cepat dan mulus, juga kelarutan dalam darah yang rendah menyebabkan pemulihan berjalan dengan cepat.

Pernapasan tidal adalah metode menghirup dan penghembusan yang digunakan mamalia yang bernapas. Secara khusus, mengacu pada jumlah udara yang digunakan saat istirahat dan ketika fungsi pernapasan otomatis.
Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut.
1. Fase inspirasi.  Fase ini berupa berkontraksinya otot antartulang rusuk sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.

2. Fase ekspirasi.  Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antara tulang rusuk ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon 
dioksida keluar.

Volume Cycled Ventilator.Prinsip dasar ventilator ini adalah cyclusnya berdasarkan volume. Mesin berhenti bekerja dan terjadi ekspirasi bila telah mencapai volume yang ditentukan. Keuntungan volume cycled ventilator adalah perubahan pada komplain paru pasien tetap memberikan volume tidal yang konsisten.

Pressure Cycled Ventilator.Prinsip dasar ventilator type ini adalah cyclusnya menggunakan tekanan. Mesin berhenti bekerja dan terjadi ekspirasi bila telah mencapai tekanan yang telah ditentukan. Pada titik tekanan ini, katup inspirasi tertutup dan ekspirasi terjadi dengan pasif. Kerugian pada type ini bila ada perubahan komplain paru, maka volume udara yang diberikan juga berubah. Sehingga pada pasien yang status parunya tidak stabil, penggunaan ventilator tipe ini tidak dianjurkan.

Cycled Ventilator.Prinsip kerja dari ventilator type ini adalah cyclusnya berdasarkan waktu ekspirasi atau waktu inspirasi yang telah ditentukan. Waktu inspirasi ditentukan oleh waktu dan kecepatan inspirasi (jumlah napas per
menit).Normal ratio Inspirasi : Ekspirasi adalah 1 : 2

FiO2 dan PaO2. FiO2 adalah fraksi atau konsentrasi oksigen dalam udara yang diberikan kepada pasien. Sedangkan PaO2 adalah tekanan parsial oksigen yaitu perbedaan konsentrasi antara oksigen di alveolus dan membran.

I:E Ratio Perbandingan antara waktu inspirasi dan ekspirasi. Nilai normal 1:2

Volume Tidal. Jumlah udara yang keluar masuk paru dalam satu kali nafas, atau sama dengan jumlah udara yang diberikan ventilator dalam satu kali nafas. Nilai normal 10 –15 ml per kgBB untuk dewasa dan 6-8 ml per kgBB untuk anak.

Minute Volume. Jumlah udara yang keluar masuk dalam satu menit, atau jumlah udara yang diberikan ventilator dalam satu menit. Nilainya = volume tidal x RR

PEEP dan CPAP. Positive end expiratory pressure (PEEP) atau tekanan positif akhir ekspirasi digunakan untuk mepertahankan tekanan paru positif pada akhir ekspirasi untuk mencegah terjadiya kolaps paru dan meningkatkan pertukaran gas dalam alveoli. Nilai antara 5-15 mmHg, maksimal 12 mmHg untuk anak.
Continuous positive airway pressure (CPAP) identik dengan PEEP, yaitu pemberian tekanan positif pada saluran nafas selama siklus pernafasan.

Pressure atau Volume Limit. Batas atas tekanan atau volume yang diberikan pada pasien. Volume limit yang terlalu tinggi dapat berakibat trauma paru.

Anestesi Kaudal
Anestesi kaudal adalah jenis anestesi yang dihasilkan oleh suntikan bius lokal ke dalam kanal ekor, sebagian dari kanal tulang belakang. Anestesi kaudal digunakan untuk memberikan anestesi dan analgesia (penghilang rasa sakit) di bawah pusar. Anestesi ini mungkin tunggal atau dikombinasikan dengan anestesi umum. Prosedur ini juga disebut anestesi kaudal-epidural atau blok kaudal.

Anestesi Umum
Anestesi umum atau pembiusan umum adalah kondisi atau prosedur ketika pasien menerima obat untuk amnesia, analgesia, melumpuhkan otot, dan sedasi. Anestesi umum memungkinkan pasien untuk menoleransi prosedur bedah yang dalam kondisi normal akan menimbulkan sakit yang tak tertahankan, berisiko eksaserbasi fisiologis yang ekstrim, dan menghasilkan kenangan yang tidak menyenangkan. Anestesi umum dapat menggunakan agen intravena (injeksi) atau inhalasi, meskipun injeksi lebih cepat yaitu memberikan hasil yang diinginkan dalam waktu 10 hingga 20 detik.

Kombinasi dari agen anestesi yang digunakan untuk anestesi umum membuat pasien tidak merespon rangsangan yang menyakitkan, tidak dapat mengingat apa yang terjadi (amnesia), tidak dapat mempertahankan proteksi jalan napas yang memadai dan/atau pernapasan spontan sebagai akibat dari kelumpuhan otot dan perubahan kardiovaskuler.

Tim Perawatan Anestesi
Tim perawatan anestesi (anesthesia care team) adalah tim yang terdiri dari ahli anestesi, asisten ahli anestesi dan perawat anestesi yang bekerja sama untuk mengelola anestesi dan memantau kondisi pasien selama operasi dan prosedur medis lainnya, atau kelahiran bayi.

Perawatan Anestesi Terpantau
Perawatan anestesi terpantau (monitored anesthesia care/MAC) adalah perawatan anestesi tertentu di mana ahli anestesi berpartisipasi dalam perawatan seorang pasien yang menjalani prosedur diagnostik atau terapeutik.

Perawatan anestesi terpantau mencakup semua aspek perawatan anestesi seperti kunjungan pra-prosedur, perawatan intra-prosedur dan manajemen pasca-prosedur anestesi.

Selama perawatan anestesi dimonitor, dokter ahli anestesi atau anggota tim perawatan anestesi menyediakan sejumlah layanan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada:

Pemantauan tanda vital, pemeliharaan jalan napas pasien dan evaluasi fungsi vital terus-menerus
Diagnosis dan pengobatan masalah klinis yang terjadi selama prosedur
Administrasi obat penenang, analgesik, hipnotik, agen anestesi atau obat lain yang diperlukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pasien
Penyediaan pelayanan medis lain yang diperlukan untuk mencapai penyelesaian prosedur yang aman.

Kesadaran Anestesi
Kesadaran anestesi atau “kesadaran intra-operasi” adalah kesadaran yang terjadi selama anestesi umum, ketika seorang pasien lumpuh oleh relaksan otot tapi tidak cukup anestesi umum atau analgesik untuk membuat ketidaksadaran atau, yang lebih penting, menghilangkan sensasi rasa sakit dan ingatan peristiwa.

Perawat Anestesi
Perawat anestesi adalah profesional kesehatan, seperti ahli anestesi, yang mengelola dan monitor anestesi dan mengelola pasien sebelum, selama dan segera setelah prosedur medis atau pembedahan. Perawat anestesi bekerja sama dengan ahli anestesi, ahli bedah dan praktisi kesehatan lainnya yang telah menerima pelatihan dan sertifikasi untuk keahliannya.

Anestesiologi
Anestesiologi mengacu pada cabang ilmu kedokteran yang mempelajari cara untuk menekan persepsi nyeri dan sensasi di otak. Ahli anestesi mengadministrasikan anestesi untuk pasien yang menjalani operasi dan prosedur medis lainnya yang menyebabkan nyeri.

Ahli Anestesi
Ahli anestesi adalah seorang dokter spesialis yang mengkhususkan diri dalam praktek anestesiologi, cabang kedokteran yang melibatkan penggunaan obat atau agen lain yang menyebabkan ketidakpekaan terhadap rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar